Saturday, April 30, 2011

SWITCHING DAN JARINGAN SEGMENTAS


SWITCHING DAN JARINGAN SEGMENTASI


NAMA : Reza Ali Syahbana
NIM : 09.240.0039
KELAS : 4 M 41


Meskipun router dan switch digunakan untuk membuat jaringan perusahaan, desain jaringan perusahaankebanyakan bergantung pada switch. Switch lebih murah per port dari router dan menyediakan pengiriman datayang cepat pada kecepatan rangkaian kabel.

Switch sangat mudah berkomunikasi terhadap 2 perangkat Layer. Dalam perannya yang paling sederhana, switchmenggantikan hub sebagai titik pusat koneksi untuk banyak host. Dalam peran yang lebih kompleks, switchmenghubungkan ke satu atau beberapa switch lain untuk membuat, mengelola, dan menjaga overload dankonektivitas VLAN. Semua jenis switch mempunyai proses lalu lintas dengan cara yang sama, tergantung daribagaimana digunakan

Lalu lintas switch bergerak berdasarkan alamat MAC. Setiap pengiriman selalu memeriksa tabel MAC address di memori berkecepatan tinggi, yang disebut Content Address Memory (CAM). Switch akan menciptakan tabel setiap kali diaktifkan,menggunakan kedua sumber alamat MAC dari frame yang masuk dan nomor port dimana frame masuk ke switch.

Switch akan menghapus entri dari tabel alamat MAC jika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Nama yang diberikan untuk jangka waktu ini adalah (the aging timer); penghapusan entri disebut (aging out).

Sebagai frame unicast yang berhubungan dengan port, switch akan menemukan alamat pada frame MAC,Kemudian mencari tabel MAC, mencari entri alamat yang cocok.

Jika alamat MAC tidak ada dalam tabel, switch akan menambahkan alamat MAC dan entri nomor port dan setaging timer . Jika alamat MAC sumber sudah ada, switch me-reset agingtimer

Selanjutnya, switch akan memeriksa tabel alamat tujuan MAC. Jika entri ada, akan di teruskan ke depan framekeluar nomor port yang sesuai. Jika entri tidak ada, switch akan mengirim setiap port aktif kecuali port di atas yang telah diterima.

Dalam suatu perusahaan, ketersediaan kecepatan, tinggi dan throughput jaringan sangat penting. Ukuran broadcast domain dan collision domain ber imbas pada jalur data. Secara umum broadcast lebih besar dancollision domain berdapak pada variabel misi kritis ini. Jika switch menerima frame broadcast, switch akan mengirimi setiap interface yang aktif, seperti halnya untuk alamat MAC tujuan tidak diketahui. Semua perangkat yang menerima broadcast ini membentuk broadcast domain. switch yang terhubung secara bersama-sama, ukuran broadcast domain meningkat.

Collision Domain membuat masalah yang sama. Perangkat lebih berperan dalam collision Domain , tabrakan lebih terjadi. Hub menciptakan collision domain yang besar. Switches, bagaimanapun, menggunakan fitur yang disebut microsegmentation untuk mengurangi ukuran coallision domain ke port switch tunggal.

Ketika suatu host terhubung ke sebuah port switch, switch membuat koneksi khusus. Ketika dua host dihubungkan satu sama lain, switch akan memeriksa tabel switching dan membangun koneksi virtual, atau microsegment, antara port. Switch mempertahankan virtual circuit sampai sesi berakhir. Beberapa virtual sirkuit yang aktif pada waktu yang sama. Microsegmentation meningkatkan pemanfaatan bandwidth dengan mengurangi collision dan dengan mengizinkan koneksi simultan.

Switch dapat mendukung baik switching simetris atau asimetris. Switch yang memiliki port dari semua kecepatan yang sama disebut simetris. kebanyakan switch memiliki dua atau lebih port berkecepatan tinggi. kecepatan-tinggi ini, atau port uplink, terhubung ke daerah-daerah yang memiliki permintaan lebih tinggi untuk bandwidth. Biasanya, wilayah ini termasuk:

1. Sambungan ke switch lain

2. Link ke server atau server farms

3. Sambungan ke jaringan lain

Koneksi antara port-port mempunyai kecepatan yang berbeda menggunakan switching asimetris. Jika perlu switch menyimpan informasi dalam memori untuk memberikan penyangga antara port dari kecepatan yang berbeda. Asymmetric switch yang umum di lingkungan perusahaan.


0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Reza Ali Syahbana